Sabtu, 06 Maret 2010

Cara Hack Modem Speedy dan Solusinya

Banyak sekali pengguna speedy yang tidak menyadari bahwa modem yang mereka pakai sangat rentan untuk dibobol oleh seorang cracker, terlebih bagi mereka yang tidak tau atau mungkin   mengabaikan tentang login dan password default bawaan dari pabrikan modem yang dipakai.

Anda tak asing dengan blog,website,YM,facebook dkk bukan??? nah hampir semua situs di internet memasang fitur pemantau IP, misalnya jika anda mengunjungi blog http://s1wan.wordpress.com di bagian samping terdapat daftar pengunjung yang sempat singgah .. Yogyakarta IP : 125.222.222.22 , IP yang tertinggal inilah yang bisa digunakan oleh cracker untuk mengobok-obok modem kita atau mungkin yang sudah sangat pandai kaya tupai bisa mengobrak-abrik Hardisk Komputer…..(mungkin?????). IP dari speedy memang dynamis atau selalu berubah secara otomatis setelah kita merestart modem. Namun lebih baiknya kita peduli dengan ancaman sekecil apapun dari cracker. Pengen tau IP kamu???? masuk aja ke rumah mbah Google trus masukkan kata “my IP” atau “cek IP” pilih salah satu website dan tunggulah loading selesai maka dengan amat singkat dan cepat dan tepat IP kamu terbaca. Copy IP tersebut dan PASTE ke address bar browser kamu ( mo IE, mo Opera, mo Safari, mo Chrome atau Mozilla ) .Apa yang terjadi lihatlah sendiri hasilnya. IP tersebut mengarah pada komputer kamu sendiri, tepatnya pada menu login Modem Speedy kamu. Apa jadinya jika login kita masih bawaan pabrik???? tentu dengan mudah orang lain dapat mengacak-acak modem kita, sebab kita bisa dengan mudahnya mendapatkan password default di rumah mbah Google. Modem TPLink default nya …user : admin, password : admin, Shiro user:admin , password: password dan masih banyak lagi yang lainnya. Lihat detilnya pada panduan modem anda. Ubahlah login default modem sekarang juga sebelum terlambat. Untuk mengubah secara offline / kita belum terhubung ke internet.


  1. Hidupkan modem,
  2. Buka browser favoritmu, masukkan IP local komputer kamu pada address bar ( terdapat pada buku panduan modem ), beberapa modem menggunakan IP 192.168.1.1 atau 127.0.1.001 ( tergantung modem kamu ).
  3. Enter.
  4. Masukkan username dan password
  5. Buka System Pasword
  6. Ubah user dan pass sesuai selera, yang penting mudah diingat. password yang baik adalah campuran huruf,angka dan karakter khusus misalnya S@t3kelin(1.
  7. Submit
  8. Save setting
  9. atau save and restart modem.
  10. OK

Sebenernya Telkom sudah mengantisipasi hal tersebut, jadi meskipun orang lain bisa mendapatkan user dan password speedy kita, dia tidak bisa menggunakan untuk koneksi internet. Cuma kita akan repot jika password speedy kita juga di obok-obok.

hack tplink1

Gambar di samping ini adalah satu korban eksperimen saya dengan mengakses IP komputer korban, maksud saya bukan mengacak-acak komputer tersebut hanya memberikan pesan untuk mengganti user dan passwordnya agar lebih aman.

Untuk masuk ke seting modem default tidak perlu alat-alat canggih dengan HengPong jadulpun bisa asal bisa koneksi internet, beberapa IP telah berhasil saya masuki hanya dengan HP SE w900 + opera mini.

Ingat kejahatan bisa terjadi kapan saja asal ada kesempatan, jadi  waspadalah dan apakah password anda masih default????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar