Senin, 08 Maret 2010

Banjir Tengah Malam

Minggu 7 Maret 2010 hujan deras yang mengguyur Kebumen dan sekitarnya mulai sore hari di barengi petir,guntur dan angin bonus mati lampu menyebabkan daerah rendah mengalami banjir yang lumayan besar.

Saya sendiri sempat terjebak dalam derasnya banjir di sekitar Stasiun Karanganyar Kebumen. Tak ada bedanya antara jalan dengan saluran irigasi keduanya dialiri air yang begitu deras. Banjir semakin besar ketika saya sampai di sebelah barat Puskesmas Karanganyar. Hampir seluruh roda motor terendam air, saya terus memaksakan laju motor karena tidak ada pilihan lain saat itu. Kalau berhenti sebentar saja pasti moncong kenalpot akan terrisi air bah dan mungkin mesin akan mati dan terseret banjir. Di permpatan jalan yang agak tinggi penduduk desa menghentikan kami dan menyarankan untuk tidak melanjutkan perjalanan ke Sidoagung karena di pasar Candi air sudah merendam lebih tinggi , saya pun  urung untuk melanjutkan perjalanan pulang. Sambil menunggu air sedikit surut saya bersama istri istirirahat sejenak di teras Puskesmas Karanganyar. Tak lama kemudian teraspun dipenuhi orang yang mengalami nasib sama sepertiku. Wah nasib punya rumah di desa jauh dari tempat kerja……


Sekitar 1 jam kami menunggu tak ada tanda-tanda surutnya air, malah sebaliknya dari kejauhan terdengar suara kentongan yang mengisaratkan bahwa air mulai naik / bertambah besar. Karena sudah terlalu malam, kami putuskan untuk mencari jalan alternatif, walaupun harus memutar cukup jauh dan melewati kegelapan malam di tengah sawah yang sepi.

Eh…… ternyata di tengah jalan yang akan kami lewati ( samping SMUNSA Kr Anyar ) Sebuah pohon tumbang dan menutup badan jalan, dengan susah payah saya mencoba menerobos melewati tepi jalan yang licin.

Dikegelapan malam kami terus berusaha menerobos banjir yang begitu deras, untung saja kami tidak berdua ada dua motor lain yang searah. Sunyi sekali ketika kami tidak lagi beriringan dengan 2 kendaraan tsb. Alhamdulillah akhirnya kami berdua selamat sampai  dirumah disambut ibu mertua beserta anak sulung saya ( Putri ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar