Jumat, 08 Maret 2013

Matahari dan Bagian-bagiannya

Matahari

Matahari adalah bintang induk Tata Surya dan merupakan komponen utama sistem ini. Bintang ini berukuran 332.830 massa bumi. Massa yang besar ini menyebabkan kepadatan inti yang cukup besar untuk bisa mendukung kesinambungan fusi nuklir dan menyemburkan sejumlah energi yang dahsyat. Kebanyakan energi ini dipancarkan ke luar angkasa dalam bentuk radiasi eletromagnetik, termasuk spektrum optik.

struktur matahariMatahari dikategorikan ke dalam bintang kerdil kuning (tipe G V) yang berukuran tengahan, tetapi nama ini bisa menyebabkan kesalahpahaman, karena dibandingkan dengan bintang-bintang yang ada di dalam galaksi Bima Sakti, Matahari termasuk cukup besar dan cemerlang. Bintang diklasifikasikan dengan diagram Hertzsprung-Russell, yaitu sebuah grafik yang menggambarkan hubungan nilai luminositas sebuah bintang terhadap suhu permukaannya. Secara umum, bintang yang lebih panas akan lebih cemerlang. Bintang-bintang yang mengikuti pola ini dikatakan terletak pada deret utama, dan Matahari letaknya persis di tengah deret ini. Akan tetapi, bintang-bintang yang lebih cemerlang dan lebih panas dari Matahari adalah langka, sedangkan bintang-bintang yang lebih redup dan dingin adalah umum.

Dipercayai bahwa posisi Matahari pada deret utama secara umum merupakan "puncak hidup" dari sebuah bintang, karena belum habisnya hidrogen yang tersimpan untuk fusi nuklir. Saat ini Matahari tumbuh semakin cemerlang. Pada awal kehidupannya, tingkat kecemerlangannya adalah sekitar 70 persen dari kecermelangan sekarang

Matahari secara metalisitas dikategorikan sebagai bintang "populasi I". Bintang kategori ini terbentuk lebih akhir pada tingkat evolusi alam semesta, sehingga mengandung lebih banyak unsur yang lebih berat daripada hidrogen dan helium ("metal" dalam sebutan astronomi) dibandingkan dengan bintang "populasi II". Unsur-unsur yang lebih berat daripada hidrogen dan helium terbentuk di dalam inti bintang purba yang kemudian meledak. Bintang-bintang generasi pertama perlu punah terlebih dahulu sebelum alam semesta dapat dipenuhi oleh unsur-unsur yang lebih berat ini.

 

Bintang-bintang tertua mengandung sangat sedikit metal, sedangkan bintang baru mempunyai kandungan metal yang lebih tinggi. Tingkat metalitas yang tinggi ini diperkirakan mempunyai pengaruh penting pada pembentukan sistem Tata Surya, karena terbentuknya planet adalah hasil penggumpalan metal.

 

Zona Radiasi Matahari

image

Di bawah sekitar 0,7 radius matahari, bahan panas matahari dan cukup padat bahwa radiasi panas adalah sarana utama transfer energi dari inti  Zona ini tidak diatur oleh konveksi panas,. Namun suhu turun dari sekitar 7-2000000 kelvin dengan jarak meningkat dari inti ini gradien temperatur kurang dari nilai lapse rate adiabatik dan karenanya tidak dapat mendorong konveksi.  Energi ditransfer oleh radiasi-ion hidrogen dan helium memancarkan foton, yang melakukan perjalanan hanya jarak singkat sebelum diserap oleh ion lain kepadatan menurunkan seratus kali lipat (dari 20 menjadi hanya 0,2 g/cm3 g/cm3) dari 0,25 radius matahari ke puncak zona radiasi.

Zona radiasi dan zona konvektif yang dipisahkan oleh sebuah lapisan transisi, tachocline tersebut. Ini adalah wilayah di mana perubahan tajam  antara rotasi seragam zona radiasi dan rotasi diferensial dari hasil konveksi di zona besar geser-suatu kondisi di mana berturut horisontal lapisan geser melewati satu sama lain Gerakan cairan yang ditemukan di zona konveksi di atas, perlahan-lahan menghilang dari atas lapisan ini ke bawah nya, yang cocok dengan karakteristik tenang zona radiasi di bagian bawah. Saat ini, dihipotesiskan (lihat dinamo Surya), bahwa dinamo magnetik dalam lapisan ini menghasilkan medan magnet Matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar